Prinsip Kerja Flow Meter Secara Umum

Berdar style dan desain, flowmeter membawa banyak style dimana cara kerjanya disesuaikan. Prinsip kerja flow meter ada yang berdar terhadap kecepatan aliran, volume suatu ruang, perbedaan tekanan, temperature serta bergantung aplikasinya.

Untuk style tertentu, layaknya flowmeter coriolis  manfaatkan tenaga hasil osilasi  dan frekuensi yang ditransformasikan ke massa. Yang pertama dikenal adalah berdasar terhadap pemindahan volume ruangan, layaknya flowmeter style positve displacement.

 Selanjutnya, berdasarkan putaran suatu sensor yang diterjemahkan sebagai kecepatan aliran layaknya terhadap style turbine. Saat ini, yang paling banyak dikenal aadlah berdasarkan pemindahan ruangan, kecepatan aliran dan prinsip mass flow.

Pada gas, yang kerap dipakai adalah thermal mass, turbine, Vortex, dan coriolis. Ada juga, yang manfaatkan style ultrasoni, bergantung terhadap karekter gas dan akurasi  Flow Meter Solar yang diinginkan. Untuk fluida cair, mampu manfaatkan ultrasonic, electromagnetic, turbine, positive displacement, variable area, venturi, coriolis mass flow meter, dan lainnya.

Electromagnetic Flow Meter

Flow meter magnetik atau elektromagnetik dirancang untuk mengukur aliran cairan bermuatan listrik dalam pipa tertutup. Dengan manfaatkan prinsip ini, fluida (cairan) yang akan digunakan harus konduktif secara elektrik (biasanya ≥ 5μS / cm) apalagi ciaran asam agresif karena prinsip pengoperasian flowmeter magnetik didasarkan terhadap Hukum Induksi Elektromagnetik Michael Faraday. Cairan yang tidak cocok bersama magnetic flow meter yaitu minyak dan cairan lainnya yang berbahan dasar minyak bumi.

Aplikasi Electromagnetic Flow Meter

Hanya mampu digunakan untuk air, baik air bersih maupun air kotor yang miliki konduktivitas dan tidak sesuai untuk air demin.

Material flowmeter sesuai bersama spesifikasi cairan, pressure dan temperature kerja

Mempunyai akurasi yang cukup bagus terhadap kisaran 0.5% dan lebih baik

Ultrasonic Flow Meter

Ultrasonic Flow Meter merupakan style flow meter yang membawa prinsip kerja untuk mengukur atau mengitung kecepatan aliran suatu fluida bersama manfaatkan ultrasound untuk melakukan hitung flowrate. Dengan diketahuinya Kecepatan aliran maka mampu di hitung flow rate bersama mengerti luasan penanmpang suatu jalur aliran.

Flowmeter ultrasonic ini lebih banyak diketahui sebagai flowmeter yang membawa proses installasi bersama manfaatkan proses non-contact dimana sensor atau transducer tidak terjadi contact segera bersama fluida. Karena cara instalasinya non contact atau clamp on maka flow meter ultrasonic dikenal sebagai flow meter portable.

Aplikasi Ultrasonic Flow Meter

Ada 2 style untuk cairan atau untuk gas, namun style ultrasonic flow meternya berbeda.

Mempunyai koneksi flange, insertion dan clampp on

Cocok digunakan untuk seluruh style cairan yang homogen dan tidak sesuai untuk lumpur atau sullury.

Cocok untuk aliran yang lambat atau aliran karena gravitasi.

Untuk style clamp on sesuai bagi mereka yang tidak inginkan proses mengolah berhenti selagi instalasi atau service.

Coriolis Mass Flow Meter

Coriolis flow meter manfaatkan tabung yang diberi energi dalam bentuk getaran yang tetap. Ketika fluida (cair atau gas) masuk dan lewat tabung tersebut, akan ada momentum aliran massa yang menyebabkan perubahan terhadap getaran tabung, setelah itu tabung akan berputar dan menghasilkan pergeseran fasa. Pergeseran fase ini lantas akan diukur dan menghasilkan data massa aliran.

Flow meter coriolis sendiri kebanyakan menerapkan dua buah tabung. Tabung tersebut akan bergetar berlawanan satu mirip lain melalui koil magnetik. Sensor dalam bentuk rakitan magnet serta koil diletakkan terhadap saluran masuk (inlet) dan saluran keluar (outlet) terhadap ke-2 tabung. Ketika koil bergerak melalui medan magnet maka akan mengakibatkan tegangan dalam bentuk gelombang sinus atau sinusoidal. Gelombang sinus yang dihasilkan akan jadi kunci utama dalam mengukur aliran massa fluida.

Aplikasi Coriolis Mass Flow Meter

Jenis flowmeter yang real menghitung mass flow

cocok digunakan untuk seluruh style fluida layaknya cairan dan gas

Harganya benar-benar mahal sehingga sesuai digunakan untuk harga fluida yang mahal dan harus akurasi tinggi.

Mempunyai akrasi yang benar-benar baik terhadap kisaran 0.2% dan lebih baik

Thermal Mass Flow Meter

Flow meter Thermal mass manfaatkan cii-ciri termal fluida untuk mengukur laju aliran fluida yang mengalir dalam pipa atau saluran. Umumnya dalam flowmeter thermal, kuantitas panas spesifik akan diterapkan terhadap sensor pemanas. Sebagian panas ini hilang karena fluida yang mengalir. Saat aliran meningkat, lebih banyak panas yang hilang. Jumlah panas yang hilang diukur bersama mengukur selisih suhu. Transmitter manfaatkan input panas dan pengukuran suhu untuk pilih laju aliran fluida. Kebanyakan Flow Meter Thermal Mass digunakan untuk mengukur aliran gas.

Aplikasi Thermal Mass Flow Meter

Biasa digunakan terhadap fluida gas layaknya CNG, Nitrogen, gas alam, udara, dll

Memberikan Info hasil bacaan bersifat mass flow

Ada terhitung yang diaplikasikan terhadap cairan spesifik layaknya oli

Tidak sesuai untuk fluida bersama temperature tinggi

Vortex Flow Meter

Ketika cairan lewat obstruksi (bluff body), terjadi osilasi aliran. Sebagai semisal osilasi ini di alam terhitung bersiul yang disebabkan oleh angin yang bertiup melalui cabang-cabang pohon atau melambaikan bendera di angin.

Perhatikan bahwa dalam semisal ini, disaat aliran melambat, osilasi berhenti. Artinya, siulan berhenti disaat angin mereda, atau benderanya tidak melambai dalam angin sepoi-sepoi. Ini karena disaat aliran menabrak halangan (gertak tubuh atau dalam semisal bendera kita tiang bendera), ia mengatasi dan bergerak di kira-kira objek untuk melanjutkan di hilir. Vortex berputar terpisah berasal dari objek (disebut bluff body atau shedder) terhadap sisi-sisi bolak-balik terhadap titik kontak bersama objek.

Penumpahan ini menyebabkan putaran tekanan rendah di satu segi dan tekanan tinggi di segi lain. Proses ini dibalik berasal dari satu segi ke segi lain dan terus bergantian. Dua frekuensi swirl adalah 180° berasal dari fase satu mirip lain dan frekuensi proses pelepasan ini sebanding bersama kecepatan aliran

Dengan mengukur frekuensi pembentukan pusaran di segi mana saja berasal dari bluff body, laju aliran mampu diperoleh. Kecepatan fluida sebanding bersama frekuensi vortex dan lebar bluff body. Semua segi diketahui dalam dua persamaan ini kalau frekuensi pembentukan pusaran dan laju aliran. Oleh karena itu, bersama mengukur frekuensi, flow rate mampu dihitung manfaatkan persamaan.

Pengukur aliran vortex berguna baik terhadap cairan, gas, dan uap yang relatif bersih yang tidak memiliki kandungan kuantitas padatan yang signifikan. Perhatian harus diberikan disaat berurusan bersama gas bersama kepadatan rendah karena ini menghasilkan pulsa tekanan lemah dan karenanya isyarat barangkali sukar dideteksi.

Vortex meter paling kondang dalam aplikasi uap karena dibandingkan bersama pengukuran aliran lainnya, flow meter vortex sebagai alat pengukur aliran uap miliki perubahan yang lebih baik, tidak miliki bagian yang bergerak, memberi tambahan masa kerja yang panjang, dan relatif murah.

Aplikasi Vortex Flow Meter

Sebaiknya digunakan untuk steam, udara dan air panas.

Cukup handal untuk temperature tinggi dan mampu menghitung mass flow selagi di kompensasikan bersama sensor pressure dan temperature.

Memiliki akurasi yang standart bersama akurasi 2%

  • Related Posts

    Emergence of New Markets for Gas Cylinder Manufacturers

    The worldwide market of gas cylinder manufacturing includes numerous elements of high-precision design, extensive safety requirements, and innovation. These companies produce a variety of cyndrical tubes and tanks created for…

    Finding the Best Bariatric Surgeon in Tehran: Your Complete Guide

    When considering bariatric surgery, choosing the right surgeon is crucial to achieving successful results and ensuring a smooth recovery. Tehran, known for its advanced medical facilities and experienced specialists, offers…

    You Missed

    Emergence of New Markets for Gas Cylinder Manufacturers

    • By admin
    • July 23, 2024
    • 3 views

    Finding the Best Bariatric Surgeon in Tehran: Your Complete Guide

    • By admin
    • July 23, 2024
    • 3 views

    Master Your Domain: Building Your Own Home

    • By admin
    • July 22, 2024
    • 6 views

    Smooth Transfers: Rhodes Airport Taxi Services to Pefkos

    • By admin
    • July 22, 2024
    • 6 views

    Step-by-Step Guide to Creating Polka Dot Chocolate at Home

    • By admin
    • July 22, 2024
    • 6 views

    The Best Math Homework Help Websites: A Guide for Students  

    • By admin
    • July 22, 2024
    • 8 views